Rahasia Formula headline di Copywriting - Tips Properti
Rahasia Formula Headline
Didalam Copywriting, Headline adalah satu hal yang sangat penting.
Materi ini saya rangkum dari kuliah online mas jaya setiabudi.
Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat, kemudahan urusan, dan kesehatan kepada beliau..aamiin
Copywriting online adalah misteri karena penjual tidak bisa bertatap muka dengan pembeli.
Cara tercepat belajar adalah modelling.
modelling ini bisa disebut dengan mentor atau orang yang memang sudah sukses sebelumnya.
Kalau copywriting modellingnya bagaimana?
Bisa lihat dari copywriting yang sudah ada, kemudian ATM (Amati Tiru Modifikasi).
Formula Konversi = (problem + daya ungkit + solusi + kemudahan) > hambatan
Didalam copywriting ada yang namanya "angle"
angle adalah sudut bidikan kata kunci.
beda produk, beda target, beda awarreness, beda angle headline-nya.
Jenis-jenis Angle:
1. Angle Target Pasar
Contoh : " CALON PENGUSAHA harus baca buku ini..!"
2. Angle Solusi + Kemudahan
Contoh :
"Mau Buka Bisnis Langsung Laris?"
Mau Buka Bisnis ini adalah solusi dan Langsung Laris adalah kemudahan.
3. Angle Problem
Contoh:
"Bosan TRIAL ERROR dalam Bisnis?"
Trial Error ini adalah Problem
4. Angle Promo
Contoh:
"Diskon 50%, HANYA 50 pcs"
Beberapa contoh copywriting:
#Kata Penekanan
Merangsang minat untuk mengetahui (klik) lebih atau membeli.
Kata penekanan biasanya digunakan sebagai kata pembuka dalam headline.
Contoh kata penekanan:
gratis, diskon, mudah, cara, cepat, lebih, praktis, revolusi, lompatan, mukjizat, dijamin, sekarang, baru, pengumuman, penting, menakjubkan, penting, terakhir, tantangan, heboh, menarik, rahasia, terbatas, alasan kenapa, dapatkan, miliki, hanya, buruan, sensasional, paling, kesempatan, inilah, maukah, sadis, telah hadir, sangat, satu-satunya, meledakkan, jangan lewatkan, terobosan, lihat, betapa mudah, tak perlu, bagaimana, apakah anda?, kenapa
kata-kata diatas adalah untuk kata penekanan.
#Kata Kunci
Apa yang dipikirkan oleh mayoritas calon konsumen saat mencari produk anda.
Kata kunci ini bisa problem, solusi + kemudahan, hambatan, dll tergantung dari sudut bidikan anda.
contoh :
kegemukan, tidak pede, bosen miskin, boros, hutang, pendek, jerawat, lemas, bangkrut, langsing, percaya diri, pengin kaya, hemat energi, bebas hutang, panjang, kulit mulus, bugar, bangkit, tanpa diet, dalam 30 detik, modal laptop, diskon 50%, lunas dalam 3 bulan, cicilan 0%, ayah, ibu, anak, malas diet, terlalu lama, repot, mahal, udah kepepet, tak punya uang, membosankan.
#Psikologi Angka
Angka mempermudah konsumen untuk mengukur level
problem/solusi.
Angka terutama berguna untuk melipatgandakan benefit dan kemudahan.
Contoh:
1. Rahasia diet bagi wanita
cw-nya : Rahasia turun 10 kg dalam 30 hari.
2. Penghasilan besar, bermodal laptop dan modem
cw-nya : Penghasilan 10 juta perbulan
Angka (benefit) yang terlalu kecil, membuat konsumen tak tertarik.
Jika angka terlalu besar, membuat orang tak percaya atau susah menginderakan.
Contoh Copywriting dan strukturnya:
1. Bagaimana Caranya menghasilkan 10 juta perbulan sambil dasteran.
- bagaimana caranya = penekanan
- menghasilkan = solusi
- 10 juta perbulan = angka
- sambil dasteran = kemudahan
2. Turun 10 kg dalam 30 hari, tetap bisa makan donat. Mau?
- turun = solusi
- 10 kg = angka
- dalam 30 hari = angka
- tetap bisa makan donat = kemudahan
- mau = penekanan
3. Modal 300 ribu rupiah bisa punya penghasilan 7 juta perbulan.
- modal = kemudahan
- 300 ribu rupiah = angka
- bisa punya penghasilan = solusi
- 7 juta perbulan - angka
4. Sekarang Anda bisa jadi pengusaha hanya bermodal laptop dan modem saja.
- Sekarang = penekanan
- Anda bisa jadi pengusaha = solusi
- Hanya bermodal laptop dan modem saja = kemudahan
5. 9 Alasan kenapa Anda layak jadi Istri Idaman Pengusaha.
- angka
- penekanan
- penekanan
- impian
Nah, silahkan di baca, di fahami, dan dipraktekan.
Semoga Bermanfaat.
Waalaikumsalam warohmatullohi wabarokatuh
www.nayyaproperti.com
Post a Comment